Senin, 30 Mei 2011

all about cupcakes


siapa sih yang gak tau cakes kecil dan cute ini? di Indonesia, cupcakes ini lagi booming banget, khususnya di kalangan teenagers. Kue ini mulai banyak dipilih sebagai birthday present, goodie bag, hantaran Idul Fitri, Natal, bahkan untuk wedding party. mungkin karena cupcakes dipandang lebih praktis karena tidak perlu dipotong-potong sebelum dbagikan. selain bisa dibeli per piece, kue ini juga bisa dibeli per paket dan diberi hiasan icing, butter cream, bahkan dengan foto, tergantung keinginan costumernya.


ada 4 bahan dasar untuk pilihan topping cupcakes. buttercream (berbentuk krim yang biasanya ditambahkan dengan sprinkle-sprinkle beraneka macam), cooking chocolate (bisa dilelehkan, dicampur dengan buttercream, atau dicetak), edible paper (gambar dengan kualitas print dan di print menggunakan edible ink pada sugar paper, aman untuk dimakan), dan icing (bahan dasar gula dan dapat dibentuk menjadi 3 dimensi).

mini cakes ini jadi salah satu cemilan favorit American yang sudah berkembang disana dari abad ke-19. cupcakes memang biasanya berukuran mini, tapi nggak harus selalu begitu. dijuluki demikian karena bahan-bahan yang digunakan biasanya ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan dengan ditimbang.

gue gak bisa bikin kue, gak tau kenapa hasilnya selalu aneh haha. makanya gue gak pernah nyoba untuk bikin cupcakes, selalu beli (atau dibeliin :p). tapi justru tampilan dari cupcakes yang selalu dihias SANGAT AMAT LUCU ini kadang bikin gue males buat memakannya. bukan karena gak enak, tapi sayang buat dimakan, rasanya pengen diliatin terus, hehehe.
Suri Cruise, cute little girl dari pasangan Katie Holmes dan Tom Cruise ini baru merayakan birthday party-nya beberapa waktu lalu dengan tema "Cupcakes Party". beratus-ratus cupcakes dipesan untuk birthday Suri yang ke 4 ini, yang dirayakan di Beverly Hills. how sweet!
cupcakes sebenarnya hanyalah kue bolu biasa yang dimasukan ke dalam cup-cup kecil dan kemudian dihias. semua jenis bolu dapat dijadikan cupcakes. yang harus diingat, pemilihan jenis bolu ini haru sesuai dengan hiasan di atasnya, baik dari segi rasa maupun kepadatannya
membuat cute cake ini gak makan waktu lama kok. untuk 30 cupcakes, dari mulai menimbang bahan, memanggang, sampai nunggu cakenya dingin dan siap dihias, sekitar 1,5 jam. sedangkan untuk menghiasnya, waktu yang diperlukan berbeda-beda tergantung jenis hiasan juga tingkat kerumitannya.
 ini salah satu resep dasar untuk bikin chocolate cupcakes
Bahan:
200gr margarin
120gr gula halus
100gr dark cooking coklat
4btr telur
120gr terigu
30gr coklat bubuk
1/2sdt baking powder
50ml susu cair
Cara:
Kocok margarin, tambahkan gula hingga lembut.
masukan dark cooking coklat.
Kocok lagi, lalu masukkan telur satu per satu sambil dikocok terus hingga lembut.
Mskan terigu, coklat bubuk dan baking powder. Aduk rata.
Tambahkan susu cair, aduk kembali.
Masukan kedalam cetakan. Lalu oven hingga matang.
    note: resep ini untuk membuat 9 cupcakes
cupcakes bisa tahan dalam wadah tertutup selama 5 hari sampai seminggu. tapi tempat menyimpannya tergantung topping. cupcakes dengan topping cream harus masuk kulkas, sedangkan yang menggunakan topping icing, sebaiknya di luar kulkas karena hawa dingin bisa bikin icingnya berkeringat dan tidak kokoh lagi bentuknya.
jadi, tertarik untuk bikin cupcakes yang lebih kreatif? atau just go out dan buy some cupcakes? it's all up to you guys ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar